Minggu, 29 Desember 2013

Usulan Judul Skripsi Kali Ini Beda! #SkripsiPart1


Deadline baru sudah di depan mata. Bukan amanah dari organisasi ataupun komunitas lainnya. Amanah ini sungguh akan menjadi kisah cerita kelulusan saya nanti, sahabat. Ya, amanah menyusun skripsi. Tidak terasa 3 tahun lebih saya sudah mengikuti kuliah di UPI Bdg tercinta, dimana saya menimba ilmu di jurusan pendidikan akuntansi. Mungkin di akhir Desember 2013 ini, terakhir kalinya saya belajar di kelas bersama sahabat P.Ak 2010 B. Tak masalah, tantangan baru saya kali ini adalah skripsi. 

Perjuangan menyusun skripsi sudah saya lewati mengenai tahap pengajuan judul. Ada kisah dibalik judul yang saya ajukan. Berawal dari pengajuan judul tentang ekonomi syariah, dimana pada saat itu saya mengajukan tapi saya tidak paham apa sih masalah yang mau saya angkat. Untuk kedua kalinya, saya ajukan ke dosen pembimbing mengenai wirausaha. Awalnya saya bangga dengan judul yang akan saya angkat, ya taunya ditolak lagi karena menurut dosen pembimbing judulnya kurang  berpengaruh terhadap jurusan pendidikan akuntansi. Apa boleh buat, coba dan coba lagi itulah motivasi saya. Terkadang suka iri melihat teman-teman yang sudah di ACC judulnya. Tak masalah, saya harus belajar dari orang-orang terdahulu. Ingat dengan kisah Thomas Alfa Edison sang penemu lampu pijar, dibalik kesuksesannya beliau sudah mengalami kegagalan 999 kali, dan untuk ke-1000 kali-nya beliau berhasil menciptakan lampu pijar yang mampu menyala dengan terangnya. Pada saat keberhasilannya di capai, dia sempat ditanya : Apa Kunci kesuksesan anda? 

Thomas Alfa Edison menjawab : SAYA SUKSES, KARENA SAYA TELAH KEHABISAN APA YANG DISEBUT KEGAGALAN”.
Bayangkan dia telah banyak sekali mengalami kegagalan yang terus menerus dan berulang-ulang.
Bahkan pada saat dia ditanya apakah tidak bosan dengan kegagalan?
Thomas Alfa Edison menjawab “DENGAN KEGAGALAN TERSEBUT, SAYA MALAH BISA MENGETAHUI RIBUAN CARA AGAR LAMPU TIDAK MENYALA”.

Kembali dengan kisah skripsi. Untuk ke 11 kalinya, saya mengajukan judul dengan latar belakang dilihat dari kondisi belajar di jurusan. Waktu itu, saya mengungkapkan kepada dosen pembimbing alasan mengajukan judul adalah mengapa dosen-dosen P.Ak saat mengajar kepada mahasiswa terlihat tak ada hasil untuk menyukai belajar akuntansi? Yang diraih hanya sebuah nilai berupa angka dan saat angka itu sudah diperoleh mahasiswa melupakan semua materi yang diajarkan dosen, why? Siapa yang salah disini mahasiswa ataukah dosen? 
Sempat ditantangin, "Memang ada dosen yang mengajarnya itu inspiratif bagi melly?" tegur dosen PA. Saya jawab, "ada yaitu ibu rozmita dewi dosen akuntansi nondik." Balik ditantangin lagi, "Klw gitu coba melly tanya apa model pengajaran ibu rozmita dan apakah bisa diajukan dalam skripsi?" sapa dosen PA. "Siap bu", tegas saya kepada dosen PA.

Baiklah saya mulai memberanikan diri  untuk berkenalan lebih dekat dengan ibu rozmita dalam sebuah percakapan di sms.( A= melly, B= Ibu rozmita)
A: "Assalamulaikum Wr. Wb. Ibu saya melly lydea dari pendidikan akuntansi 2010 B. Cara mengajar ibu di kelas mata kuliah auditing menginspirasi....:D"
B: "Terharu :')"
A: "Boleh tahu model apa yang ibu gunakan di kelas?"
B: "Model sepenuh hati :)" 
A: "Sejenis model learning apa bu? Ada namanya?"
B: "Rozmita Model"
A: "Ibu melly mau diajukan dalam judul skripsi, masa nama modelnya nama orang hehe"
B: "Melly ku sayang, apapun modelnya jika mengajar dengan cinta pasti dengan sepenuh hati rasa cinta itu menghampiri dengan sendirinya seperti melly ini"
A: "Ibu terharu :"). Bolehkan saya bertemu dengan ibu untuk konsultasi dan bercerita?"
B: "Dengan senang hati. Kita bertemu di ruang lab akuntansi lantai 3 jam 13.00 WIB hari jum'at ya."
A: "Makasih ibu."
B: "Sama-sama sayang"

Tibalah pertemuan dengan ibu rozmita, pada jam itu ibu rozmita bertemu dengan banyak mahasiswa. Dan hanya saya yang berasal dari luar jurusan. Mungkin merasa minder tapi ibu membuat saya tak tegang. Ternyata di hadapan saya itu kakak-kakak senior yang sedang persiapan sidang. Setelah semua kakak senior konsultasi, akhirnya bisa konsultasi dengan ibu roz. Suka duka selama kuliah saya ceritakan. Bahkan dalam hal skripsi ibu membantu saya memberikan judul yang pas dan tepat yaitu mengenai "Pengaruh kolaborasi PCL dan PAIKEM terhadap prestasi belajar." Langsung saya ajukan ke dosen PA. Alhamdulillah lolos, judul saya di ACC. :D

12 kali gagal memberikan keberkahan dan saya mendapat dosen pembimbing baru yang mudah untuk dikonsultasikan mengenai ajuan skripsi ini yaitu Pak Arvian Triantoro. Beliau adalah dosen muda pendidikan akuntansi yang suka mengikuti trendy dan suka menghargai pendapat mahasiswanya. Alhamdulillah, tinggal action untuk usulan proposal, bismillah. #SkripsiPart2 I'm done!!
Bersambung......

0 komentar: