Kamis, 13 September 2012

Mengais Rezeki di Malam Hari

Pagi-pagi seperti biasa saya selalu datang terlambat dengan berbagai alasan ( gara-gara ngepel dulu-lah, bangun kesiangan sampai macet saya berikan alasan yang kuat kepada dosen). Setelah saya beres kuliah saya lanjut ke dunia bisnis, ya bisa dibilang merupakan hobby yang lagi-lagi gak boleh dilewatkan begitu saja. Karena dengan bisnis, saya banyak belajar mencari rezeki dengan keringat sendiri bersama sahabat @EDGE_PRODUCT tapi kali ini saya berani mencoba belajar sendiri bagaimana senangnya mengangkat barang2 clothing..hihi lumayan perjuangannya loh!!! Di mulai ngurusin duitnya sendiri, ngangkat barang2nya sendiri dari UPI ke Polban ditambah macet+ngetem angkot..dari siang jam 2 sampai jam 5.30 sore cuma kegiatannya nganterin barang pesanan orang, benar-benar melelahkan juga. 

Kegiatan saya lanjut kembali dengan mengajar privat anak SMP jam 20.00. Asalnya saya sudah menolak untuk tidak mengajar hari ini karena pengen ikut bareng2 anak SCIEmics UPI + FOSSEI JABAR menghadiri syukuran kang Aris yang telah beranjak usia 21 tahun dan akhirnya berhasil juga bisa ikut silahturahmi. Walaupun hanya beberapa menit disana, setidaknya saya bisa kenalan sama Teh Reisya dari UNPAD, Teh Dessy dari UIN Bdg dll lumayan nambah link info2 kampus mereka...hehe  Setelah itu, perjuangan pulang belum berakhir karena tepat jam 20.00 teng, saya harus bergegas-gegas mengajar di Jln.Venus Barat IV/38 Metro Soekarno Hatta Bandung. Untungnya jarak dari rumah uwa untuk ke tempat mengajar tidak begitu jauh.

Setiba di Komplek Margahayu Raya HP SAYA LOBET!!! Tadinya sih pengen langsung ngajar pas turun dari angkot... ya terpaksa pulang dulu buat ngecas hp. Dipikir-pikir kalau saya pulang dulu pasti dimarahin uwa kalau nantinya harus ngajar malam-malam. Alhamdulillah, pas tiba di rumah gak ada sapa-sapa, 'aman ngajar, bisa dilanjut nih kayanya!!', dalam benak saya.

Keluar lagi deh saya dari rumah. Pokoknya hari ini harus bisa ngajar walaupun belum tau rumah alamat yang mau diajarin secara pasti. Saya cari tuh tukang becak buat nganter. Biasanya kan kalau mau naik becak kebiasaannya melakukan harga tawar-menawar dulu biar gak ketipu. Eh taunya naik becak ke METRO Rp 8.000/jalan. Lumayan mahal juga, tapi gak apa2-lah daripada jalan kaki nyampenya lama.

Dan biasanya kalau saya naik becak, pasti saya suka nanya-nanya tentang keluarga mang tukang becak..hehe lumayan cari-cari pengalaman tentang kehidupan tukang becak.
"Mang, udah lama jadi profesi tukang becak?"...sapa saya kepada tukang becak.
"dah lama neng, mang dah 20 tahun jadi tukang becak sebelum neng lahir, ya alhamdulillah bisa membiayai sekolah anak-anak"...kata tukang becak
"mang punya anak berapa?" tanya saya
"tiga neng, yang satu kelas 3 smp, yang satu kelas 4 SD,yang satunya lagi dah meninggal. emang mah kasian sama anak mang yang pertama, mang bingung apa bisa anak mang lanjut ke SMA, padahal biaya SMA kan mahal apalagi anak mang gak pintar kaya neng"...jawab si tukang becak dengan tangis rindunya mengingat anak pertama

Dalam benak pikiran saya, saya teringat kalau saya sendiri punya link info beasiswa dari depdiknas siapa tahu saya bisa bantu masalah mang becak.
"Mang, ikutan beasiswa aja biar anak mang bisa lanjut ke SMA??" tanya saya dengan bangganya kepada tukang becak
"ya neng, anak mang kan gak pintar, mana bisa dapat beasiswa, semangat belajar aja masih kurang" sahut mang becak
"mang, tahu gak sekarang tuh banyak beasiswa bagi mereka dari anak desa yang kurang mampu loh?" jawab saya
"gak ahh neng, anak mang gak pantes dapat beasiswa, klw beasiswa kan syaratnya harus pintar".. kata mang becak sambil malu bahwa anak pertamanya belum pantes dapat beasiswa.

Subhanallah, padahal kan zaman sekarang banyak orang yang mengaku bahwa dirinya  pantes dapat beasiswa kurang mampu tapi sebenernya mampu beli motor, handphone canggih, jalan-jalan buat shopping, main bareng ke tempat rekreasi bareng temen tapi mang becak sendiri yang kerjanya dari pagi sampai malam hari masih bersemangat mencari makan demi keluarganya. Sedangkan,saya malu sebagai penerima beasiswa unggulan dari depdiknas, apakah saya sendiri dapat beasiswa sudah berkontribusi untuk memberikan kebermanfaatan kepada orang sekitar. Bisa jadi uang beasiswa yang saya dapat berasal dari uang rakyat salah satunya dari mang tukang becak, dimana mang becak mencari uang pontang-panting tanpa mengenal lelah dengan bekerja sampai larut malam. Berarti, bisa dibilang saya sama saja dengan orang-orang KPK yang kerjaannya ngambil uang rakyat,meras keringat rakyat astagfirulloh!!! Ya Allah, maaafkan hamba-mu ini.

Mulai hari ini saya harus banyak belajar dari mereka yang hidupnya berasal dari kalangan bawah, agar ketika saya sukses, saya punya kewajiban untuk menyisihkan sebagian harta saya kepada yang berhak menerimanya. 
 
"Neng, dah nyampe, bener kan disini rumahnya?"panggil mang becak kepada saya.
"Oh iya mang, bener, bentar ya mang saya ketuk pintu dulu rumah orangnya, kalau misalnya gak ada yang ngbukain pintu, mang anterin saya lagi ke rumah di blok A-2.." gumam saya sambil tersenyum
"Ok boleh".. jawab mang becak sambil terlihat lelah yang sudah menganterkan saya sampai ke tempat tujuan.

Setelah saya tekan  tombol bel beberapa kali, kayanya yang punya rumah dah pada tidur, wah siap-siap nih saya kena pelanggaran gak ngajar hari ini, ya ggp-lah tapi hari ini saya sungguh beruntung bisa bertemu dengan tukang becak yang baik hati.
"mang, kayanya gak ada sapa2, anter saya lagi ke rumah ya di blok A-2" tanya saya pada mang becak
"siap neng" kata mang becak


 Akhirnya tiba juga di rumah.
"Mang, jadi berapa tarif becaknya?" tanya saya
"16 ribu neng" jawab mang becak
"ya dah ni saya kasih 20 ribu ambil aja kembaliannya" kata saya
"Makasih ya neng" jawab emang dengan senangnya bisa mendapatkan rezeki di malam hari
"Oh iya, klw anak mang berminat untuk mengikuti beasiswa yang saya tawarkan tadi tinggal hub. saya di no 085294427630 ya,,," sapa saya kepada mang becak
"Ok neng, bentar mang keluarin dulu hp-nya" kata mang becak
"sip makasih ya mang atas jasa antar pulangnya" kata saya yang sudah merasa berdosa mencari alamat rumah orang lain berjam-jam dengan menggunakan jasa tukang becak dengan bayaran tak seberapa.

Terima kasih mang becak, cerita pengalaman mang becak akan saya jadikan motivasi semangat hidup saya. Dan saya sadari belajar bukan hanya mendapatkan pengalaman dari kalangan orang sukses saja, coba juga kita jangan malu bertanya untuk belajar dari kehidupan kalangan orang-orang pinggiran jalan, sapa tahu dengan melihat kehidupan mereka yang serba susah bisa menjadikan pelajaran bagi kita, karena ada sebagian harta yang belum kita serahkan kepada mereka yang berhak membutuhkannya.

SEMANGAT!!!! SELALU OPTIMIS BISA MENJADI ORANG YANG BERMANFAAT..:)

By: Melly Lydea



0 komentar: