Jumat, 29 Juni 2012

Wisata Bisnis HIPMI PT UPI




Judul kecil diatas merupakan Program HIPMI PT UPI. Lahirnya ide/program  ini, saat aku duduk terpaku di bawah pohon pinus. Menikmati suasana sore di Perumahan Pondok Hijau. Mendorong otakku untuk menembus sang waktu. Membayangkan banyak hal tentang HIPMI dan masa depan dengan sahabat-sahabatku nanti. BERGELIMANG HARTA, BERJIWA TAQWA.
Wisata Bisnis. Aku harapkan bisa menumbuhkan jiwa  The Realpreneur dan PEDULIpreneur di HIPMI.
Ini hadir untuk memahamkan. Bahwa bisnis itu melihat, mendengar, merasakan, meraba, dan menciumnya. Bukan hanya teks book. Gunakan 5 inderamu untuk bisnis. Insyaallah dahsyat !!!
Pertamakalinya, terealisasi dengan mengunjungi Pak Yopi Hendra, pengusaha Berbie Muslimah yang dahulunya merupakan binaan KADIN Bandung. Pada kamis, 29 Maret 2012 di rumah sekaligus tempat produksi beliau di Jalan Gegerkalong, dekat Hotel Provent. Sikap terbuka beliau ke teman-teman HIPMI PT UPI membuatku BAHAGIA. WISATA BISNIS ternyata bisa direalisasikan walau hanya dengan 6 orang. Insyaallah kedepannya lebih baik.
Bulan April, aku berkunjung ke KADIN. Bertemu dengan pak Bintoro, Ketua BPPKU KADIN Kota Bandung. Ku jelaskan semua rencanaku dan mengenai WISATA BISNIS. Jawabnya,” Imad, saya sangat setuju dengan program ini. Saya akan bantu bila perlu melakukan kunjungan. KADIN-kan punya binaan. Saya siap Bantu.” Saya begitu bahagia. Lalu, aku dihubungkan denga pak Asep, Ketum Asosiasi Distro Kota Bandung. Mataku terbuka. Ya Allah…
Kunjungan ke-2 ke pak Asep (pertengahan bulan April).  Dilihatkan semua isi pabrik sederhananya. Tau anda?? Pertemuan ini, adalah janji temu yang ke-4 kalinya. Sebelumnya gagal.
“Saran saya hanya 1. Mulailah berjualan, bisnis adalah jualan. Adek bakal ‘sakit’ kalau memulainya dari produksi. Produksi perlu banyak modal, jualan modal bicara,” tiba-tiba saya teringat dengan nasehat serupa dari A Deda (Adik nya Aa Gym) 2 tahun yang lalu, 2010.
Iseng. Ba’da Magrib aku buka-buka file nomor contact di hp-ku. Nah,,, ku temukan nama ‘Rabbani Nandang’. Otakku mengingatkanku pertemuan JPMI dengan beliau di gedung RABBANI Dipati Ukur. Klik,,, yah aku call beliau dan membuat janji segera !!!
Akhirnya bisa bertemu juga dengan beliau pada sabtu, 21 April 2012. Untuk lebih jelasnya, anda bisa baca catatan saya yang berjudul “BISNIS RABBANI”.
Selang beberapa hari. Aku teringat dengan kang Mufti (Sekum HIPMI JAWA BARAT) saat didalam angkot Ledeng-Margahayu. Tanpa pikir panjang, aku hubungi dan jelaskan semua ide-ideku. Luarbiasa ! Beliau memberikan sambutan,” Oke, Mad. Saya kirimkan nomor hp temen-temen akang yang usaha bermacam-macam. Tinggal, Imad dan temen-temen HIPMI PT UPI mengunjungi mereka. Kalau ada apa-apa atau mau mengunjungi yang lain, hubungi saya aja. Oke !!! Sukses ya buat HIPMI PT UPI.” Aku pun dapatkan beberapa nomor contact-nya Pengusaha sekaligus anggota HIPMI JAWA BARAT.
Untuk WISATA BISNIS ke-4 (Hotel Savoy Homann, ahad 20 mei 2012). Merupakan pertemuan yang paling fenomenal. Bagaimana tidak? Kami berbincang-bincang di hotel Savoy Homann. Kami, 11 orang HIPMI PT UPI (angkatan 4 & 5) mengelilingi kang Andri Juandi Owner Tahu Pop sekaligus Ketum HIPMI Kabupaten Bandung. Beliau begitu paham dengan sistem Frinchise, nasehatnya tentang bisnis,” Lakukan saja bisnis. Berbisnislah karena minatmu. Bisnis adalah kepercayaan, bangun kepercayaan. Selalulah bertanya,”Apa bedanya bisnisku dengan yang lain?” lalu, segera bangun Branding.”
Dan masih banyak pertualanganku di HIPMI. WISATA BISNIS ini akan terus berlanjut !!! Insyaallah
Ku ucapkan TERIMAKASIH kepada sahabat-sahabatku, Pengurus HIPMI PT UPI 2012.
Budy, Sahabat dan saudara yang selalu berusaha untuk lebih baik. Terimakasih atas saran, masukan dan kritikannya. Kombinasi kita, akan tentukan HIPMI PT UPI ke depannya. Maap, aku masih kaku.
Tiara & Faridha, 2 Sekretaris yang begitu sabar dan loyalis HIPMI PT UPI. Save semua data, kita ciptakan sejarah HIPMI PT UPI tiap waktu.
Yeni, Loyalis10 HIPMI PT UPI. Aku selalu ingat sms dan telponmu, “Imad, HIPMI … “ tanpamu, aku takkan dapat memahami HIPMI. Terimakasih atas kebaikanmu.
Bangun & Dewi, Ibu bendahara yang menjaga kas HIPMI dengan hati-hati. Bangun, tawa dan kata-katanya memberikan suasana ceria selalu… pertahankan sikapmu ini, dan buatlah kami tertawa seperti tawa polosmu. Dewi, sebarkan apa yang kamu pelajari ttg islam dan usaha. Kamu cerdas !!!
Vazza, Ibu Kaderisasi yang luarbiasa dasyat !!! Keras kepala dan selalu mengingatkanku.
Gibran, Insting bisnismu mantabb broww!!! Sejak pertama kita kenalan, aku yakin kita bisa jadi sahabat yang erat sampai tua
Helmi, Boss Tiis. Terimakasih sudah begitu banyak menemaniku selama ini. Aku harap kita tak sekedar sahabat, tapi SAUDARA. Semoga ayahmu cepat sembuh, boss. Maap, aku belum bisa membantu banyak.
Wahyudi, aku selalu ingat kata”Ia, kang…” dan “hati-hati kang …” dari mu. Terimakasih, HIPMI PT UPI butuh dirimu.
Indra Mulya Nuryadi, Kami butuh kecerdasan organisasi dan tenaga maksimalmu di HIPMI. Anda orang cerdas, bung!
Nurul, Loyalis HIPMI PT UPI yang pinter masak. Insyaallah kita syukuran lagi J  dan begitu luarbiasa dalam mempersiapkan Pelantikan angkatan 5.
Indra Hermawan Harahap, di tunggu tulisan-tulisannya. Saran dan pengertianmu begitu menentramkanku.
Dina, wanita luarbiasa HIPMI PT UPI. Demi Company visit, melakukan survey lokasi sampai hujan-hujanan.
Melly, tawamu menular dan memberikan energi di HIPMI PT UPI. Kami butuh anda !!! perbaharui selalu blog HIPMI PT UPI.
Ria dan Aul, dasyat status & tweet-nya. Makin mantabbb aja HIPMI PT UPI dengan kalian.
Asep Reza, PE-DE habis dan lapang dada. Like this !!!
Andari, sebarkan  keceriaan di HIPMI PT UPI, putuskan semua urat ketegangan di kepala kami.
Mukhlis, pokoknya liat muka ente mah bade ketawa weh,,, haha :D
Iis, Artisnya HIPMI, alias Isabela. Haha… berbakat dalam membuat acara.
Teh Prita, Loyalis HIPMI yang dahsyat. Ejekan2 nya bikin aku malu dan tertawa. Makasih teh, percaya ke Imad.
Ayu, akhwat cerdas, sebarkan nilai-nilai Islam di dalam HIPMI PT UPI. Aku selalu ingat kata ”Baanggg… “ dari mu. Matur suwon mbak yu…
Urlim, birokrat HIPMI PT UPI. Obrolan kita nggak pernah selesai…
Aku tulis, ini. Hanya sekedar untuk mengenang beberapa tahun ke depan. Saat kita beranjak tua. Inilah, cara ku mengenang kalian.
Diselesaikan pukul 3:01 Sabtu, 23 Juni 2012
Di kosan baru, Jln Sersan Surip no. 25 kel. Cidadap kec. Ledeng, Bandung.
Muhammad Imaduddin Saliim, Pengusaha Muda.

0 komentar: